Selasa, 01 April 2014

Refleksi Basis Data Minggu Ke-4

        Rabu Tanggal 26 Maret 2014 merupakan Mingu ke-4 Kuliah Basis Data, pada pertemuan minggu ini kami mempelajari tentang PERANCANGAN BASIS DATA DENGAN ERD

Berikut simbol-simbol yang dapat dipakai dalam pembuatan ERD beserta keterangannya :


Step by step ERD

  • Mengidentifikasi dan mentapkan seluruh entitas yang akan terlibat
  • Meneteapkan atribut-atribut kunci dari masing masing himpunan entitas
  • Mengidentifikasi dan menetapkan seluruh himpunan relasi antara himpunan entitas yang ada beserta foreign key-nya
  • Menentukan derajat relasi (cardinality) untuk setiap himpunan relasi
  • Melengkapi himpunan entitas dan himpunan relasi dengan atribut deskriptif (yang bukan kunci)

DERAJAT RELASI
           Derajat atau Kardinalitas Relasi menunjukkan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain. Kardinalitas relasi merujuk kepada hubungan maksimum yang terjadi dari himpunan entitas yang satu ke himpunan entitas yang lain dan begitu juga sebaliknya.

Ada 4 jenis Derajat Relasi :
  1. One to One
                  setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas                pada himpunan entitas begitu juga sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan                 dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

     2. One to Many
                 setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan          entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan            paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A

     3. Many to One
                 setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas                pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas A                    berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B.

     4. Many to Many
                   setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada                        himpunan entitas B, demikian juga sebaliknya, di mana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat              berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A.


0 komentar:

Posting Komentar